Jumat, 22 Februari 2013

JR # 3 ( TENTANG ANALISA SWOT )

       Setelah kita belajar mengenai Efektusi dan merupakan kelanjutan dari dari tulisan yang sebelumnya, sekarang saya akan mencoba untuk berbagi tentang analisa SWOT. Apakah yang dimaksut dengan SWOT itu sendiri...? Pengertian  analisa SWOT adalah merupakan metode analisis perencanaan strategi (strategic plannining) guna mengetahui peta faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal suatu perusahaan atau unit bisnis sehingga menghasilkan kesimpulan yang berguna untuk memberi masukan terhadap pengambilan keputusan strategi dan memberi masukan prioritas strategi terhadap apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu oleh pengambil keputusan. Adapun tujuan dari analisa SWOT adalah untuk memanfaatkan keuntungan dari kekuatan yang dimiliki dan kesempatan yanga ada, meminimalisasi kelemahan dan mengeleminasi ancaman. SWOT yang terdiri dari empat huruf  S-W-O-T apa sich...yang dimaksut dengan S, merupakan sebuah singkatan dari  STRENGTHS (kekuatan). Dan diteruskan  W yaitu Weaknesses (kelemahan), lalu kemudian Opportunities (peluang), lalu kemudian T merupakan singkatan dari  Threats (ancaman).

       Analisa SWOT sangatlah berguna untuk mengenali situasi, lingkungan dan kondisi saat ini untuk keperluan pengambilan keputusan-keputusan menentukan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan terhadap kelangsungan hidup aktivitas bisnisnya. Analisa SWOT juga dapat memberikan alur pikir (framework) yang baik untuk keperluan peninjauan strategi posisi dan  arah perusahaan pengambilan posisi bisnis.

       Pengamatan dan analisis ini terbagi 2 bagian yaitu bagian eksternal dan bagian internal. Adapun tujuan dari pengamatan lingkungan adalah untuk melihat peluang baru. Dan unit bisnis yang paling barhasil adalah unit binis yang dapat menciptakan nilai pelanggan lebih tinggi  dan mempertahankannya dalam janka panjang. Analisis lingkungan internal ini terdiri dari kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses). Sedangkan untuk analisis lingkungan eksternal terdiri dari tantangan atau peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).

       Merupakan contoh dari analisis SWOT, analisis SWOT dapat diaplikasikan dengan cara menganalisis dan memilah-milah berbagai  macam hal yang mempengaruhi ke-4 faktor tadi, lalu mengaplikasikannya dalam gambar matrik SWOT. Dimana penerapannya adalah bagaimana kekuatan (Strengthts) memiliki kemampuan untuk mengambil keuntungan dari peluang (Opportunities) yang ada. Lalu bagaimana cara mengatasi kelemahan (Weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang yang ada kemudian bagaimana kekuatan (Strengths) dapat menghadapi ancaman (Threats) yang ada dan yang terakhir adalah bagaimana mengatasi kelemahan (Weaknesses) yang memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu ancaman menjadi sesuatu hal yang nyata atau menciptakan suatu ancaman baru.

       Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an - 1970-an. Dengan menggunakan data dari perusahaan Fortune 500.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar