Minggu, 09 Juni 2013

JR # 11 ( Project Usaha )

Menjelang pembelajaran berakhir, untuk memastikan pemahaman materi yang kami terima selama mengikuti pembelajaran secara online jarak jauh atau disingkat dengan PER (Pengantar Entrepreneur Ritel). Dalam membuat project  usaha ini terasa gampang-gampang susah. Karena kita secara tidak langsung disuruh mempraktekkan secara langsung ilmu yang sudah kami pelajari kedalam dunia nyata. Tidak mudah dan terasa susah karena sebelumnya kita atau kami belum pernah melakukannya ini sebelumnya. Namun dengan keyakinan yang kuat dan semangat yang menyala-nyala kami terus akan berusaha.

Untuk memulai sebuah usaha di Hongkong memang tidaklah mudah karena status kita yang pada umumnya hanyalah seorang TKI atau TKW. Dan peraturan serta undang-undang pemerintah Hongkong yang tidak mengizinkan kami melakukan pekerjaan diluar kontrak kerja kita. Tentunya jika  kami melanggar peraturan yang sudah ditetapkan maka kami juga akan mendapatkan sanksi dari pemerintah. Inilah tantangan yang paling berat, yang kami alami. Namun beruntung sekarang jamannya sudah mulai canggih, kami tidak harus melakukan transaksi jual beli dengan menenteng barang yang jumlah banyak. Kami sekarang bisa memanfaatkan dunia internet yang serba canggih, kami bisa membuka sebuah toko online tanpa harus mendirikan sebuah toko dan dengan biaya yang relatif lebih murah.

Adapun beberapa keuntungan dalam berbelanja online antara lain :

  1. Tidak terikat tempat dan waktu, Terutama untuk anda-anda yang sibuk dan tidak ada waktu untuk mengunjungi sebuah toko.
  2. Banyaknya toko online yang menyediakan berbagai macam produk yang kita ninginkan.
  3. Menghemat waktu, kita tidak usah keliling mall untuk mencari barang.
  4. Kita dapat membandingkan harga serta kwalitas dengan toko yang lainnya, sehingga kita bisa memilihnya.
  5. Proses belanjanya yang mudah, cukup hanya dengan memesan barang dan membayarnya bisa dengan internet mobile maupun internet banking.          
Selain ada kelebihan serta keunggulan ternyata toko online juga mempunyai kelemahan yang kadang dirasakan oleh konsumen atau pelanggan, antara lain :

  • Sering terjadi penipuan, barang tidak dikirim setelah terjadi pembayaran.
  • Fisik dan kwalitas barang tidak sesuai yang diharapkan, karena kita hanya melihat fisik dari foto.
  • Dikenakannya biaya transportasi, sehingga ada biaya tambahan.
  • Tidak bisa melihat dan mencoba barang yang dipesan.
  • Butuh waktu agar barang sampai ditempat dikita karena proses pengiriman.

Karena dalam projek kita diharuskan mempunyai usaha yang sudah dijalankan, dan sudah sedang berjalan untuk saat ini maka bisnis secara onlinelah yang menjadi pilihan kami yang paling aman. Bagi kita semua yang berminat dan sedang menjalankan bisnis online berikut ini adalah manfaat-manfaat kalau kita memiliki toko online :
1) Memiliki jangkauan yang luas.
Karena sifat toko online yang online, maka bisa diakses diseluruh Indonesia bahkan sampai pelosok daerah. Apalagi yang sekarang sudah ada jaringan internet. Apalagi kalau kita pasarkan melalui jejaring sosial, yaitu dengan menggunakan facebook.

2) Biaya sewa yang murah bahkaan bisa dibilang gratis.
Berapa besar biaya yang harus kita keluarkan jika seandainya kita membuka sebuah toko? Dengan toko online hanya perlu mengeluarkan biaya hosting dan domainnya saja per tahun. Atau bahkan bisa gratis cukup dengan koneksi internet maka semuanya akan berjalan lancar.

3) Tidak memerlukan banyak karyawan.
Dengan toko online kita bisa mengurangi biaya karyawan, bahkan kita tidak usah menggunakan karyawan. Ini berarti salah satu keuntungan buat kita bukan...?

4) Tidak harus memiliki barang sendiri.
Ya...kita tidak harus memiliki barang sendiri, kita bisa menjual atau memakai barang atau produk orang lain.

5) Sangat simple dalam melayani pelanggan.
Kita tidak perlu repot mempromosikan barang seperti berjualan jamu dipasar, Karena dengan toko online kita hanya butuh selangkah cukup menjelaskan kriteria dan kwalitas barang yang kita jual. Karena dalam toko online sudah dilengkapi dengan fasilitas menu detail barang dan order tinggal mengisi saja.

6) Pengembangan usaha.
Dengan adanya toko online akan memberikan keuntungan yang berlipat pada kita. Karena kita bisa menjual barang yang kita miliki secara online dengan ekspansi pasar yang lebih luas.

7) Hemat biaya promosi.
Dengan adanya internet maka promosi toko online akan lebih cepat dan hemat. Banyak cara yang bisa kita lakukan, seperti melakukan optimasi mesin pencari CEO, promosi disitus iklan gratis, promosi disitus bookmark, promosi disitus jejaring sosial facebook, Twitter, dan lain-lain. Kalau kita membuka toko offline tentu biaya promosinya akan lebih besar, seperti untuk membuat sepanduk, brosur, barner, dan lain-lain.

8) Tidak perlu jaga setiapa saat.
Kita tidak perlu menjaga toko seperti pada offline pada umumnya, kita harus menunggu pelanggan datang ketoko kita. Dengan toko online kita tidak harus terus menerus menanti pelanggan, sebab transaksi pemesanan bisa melalui e-mail, SMS, atau dengan menggunakan sistim otomatis pada toko online.

Setelah kita mengetahui keuntungan serta kelemahan pada toko online maka dapat saya simpulkan bahwa kesempatan untuk memulai bisnis secara online masih terbuka sangat lebar dan mempunyai kesempatan yang masih sangat luas dan sangat cocok dijalankan untuk kita semua yang bekerja terikat dengan kontrak. Demikianlah tulisan saya dihari ini semoga bisa menambah inspirasai para sahabat yang akan menjalankan bisnis secara online. Semangatttt..........



Tidak ada komentar:

Posting Komentar