Jumat, 07 Juni 2013

JR # 10 ( KISAH SERU DIBALIK PEMBUATAN BLOG TOKO ONLINE)

Terus terang dalam pemakaian kompter atau netbook merupakan hal yang belum biasa saya lakukan selama ini. Untuk pemakaian mengggunakan komputer biasanya hanya kalau hari libur dan itu menggunakan fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah Hongkong yang ada diperpustakaan. Karena masih kolotnya saya dalam berfikir, pikiran saya waktu itu masih dari pada uang dibuang hanya untuk internet mendingan saya pake untuk menelephon ibu dikampung. Ternyata dengan berjalannya waktu pikiran saya ini berubah setelah saya mengenal program untuk para BMI (buruh migran indonesia) yaitu  Mandiri sahabatku.

Dari program singkat tentang keentrepreneuran ini ternyata pikiran saya selama ini salah besar. Mendengar penjelasan bapak-bapak dosen yang begitu gamblang dan sangat jelas ternyata dunia internet sangatlah bisa membantu memperluas jaringan bisnis yang kita jalankan. Dari ketidaktahuan menjadikan saya penasaran dan ingin belajar lebih jauh lagi tentang teknologi. Salah satu cara yang mengobati saya dari rasa penasaran adalah diadakannya program PER BATCH 2  (pengantar entrepreneur ritel) gelombang 2 ini. Karena dalam pebelajarannya hampir 100% menggunakan online dan adanya tuntutan bahwa setidaknya untuk bisa mengikuti kelas ini kami diharuskan mempunyai laptop atau notebook. Sebuah syarat, tapi bukan paksaan.

Dengan modal pengetahuan yang  pas-pasan untuk mengikuti program PER ini, saya masih bisa bertahan. Dan akhirnya lebih tepatnya pada minggu ke 10 saya merasa kelabakan, karena ada tugas tentang bagaimana membuat toko online. Seru memang, yang tadinya anti dengan dunia internet sekarang jadi sangat menyukainya. Karena begitu banyak hal-hal baru yang sebelum belum pernah saya dapat. Salah satu tempat yang paling bersejarah selama mengikuti PER 2 ini adalah sebuah perpustakaan yang ada didaerah Couswaybay, saya sangat menyukai tempat ini mungkin karena tempatnya yang nyaman dan sangat mendukung untuk mengumpulkan konsentrasi belajar.

Tempat inilah yang menjadi saksi aktifitas-aktifitas kami dalam belajar. setiap pada hari minggu kami selalu menyiapkan waktu luang untuk mengunjungi tempat ini. Entah untuk mengerjakan tugas, mencari Wifi gratis, mengecas baterai pada netebook atau cuma sekedar bertemu kawan. Dalam suasana belajar yang penuh dengan keakraban, saking semangatnya kami bisa ngumpul bersama tidak jarang kami selalu bercerita tentang kisah-kisah seru dalam mengikuti pelajaran. Mulai dari pengalaman pribadi sampai kisah-kisah seru selama berdiskusi dengan bapak atau ibu dosen pembimbing. Walau kadang bila dirasakan sangatlah konyol dan tidak masuk akal namun kami semua sangat menikmatinya dan sangat enjoy dalam mengikuti pelajaran jarak jauh PER 2 ini. Banyak cerita lucu, konyol dan sedih berbaur menjadi satu sehingga memancarkan tali persaudaraan dan jalinan persahabatan terjalin semakin erat dan akrap. Yang tadinya antara satu dengan yang lainnya kami tidak saling mengetahui dan mengenalnya. Namundalam PER 2 ini kami dipertemukan dalam suasana yang menyenangkan dan penuh kekeluargaan.

Dalam tugas membuat toko online antara teman yang satu dengan yang lainnya mempunyai pengalaman yang berbeda-beda dalam pembuatannya. Salah satu cerita yang paling lucu dan yang saya paling ingat adalah kami tidak bisa membedakan antara Compose dan HTML. Yang tadinya kami tidak mengetahui perbedaan antara compose dan html, setelah ada tugas membuat blog toko onlie kami bisa mengetahuinya. Setelah mengetahui kenapa toko onlinenya kok ngak jadi-jadi eh.....ternyata kalau kita rubah dalam bentuk HTML ternyata formatnya juga berubah. Karena kita kurang paham, ya selalu kami hapus tulisan yg ada dimonitor komputer dan beranggapan kok tulisannya sekarang jadi angka semua dan ngak bisa dibaca. Heeeee...makanya selama hampir 2 minggu toko online ngak rampung-rampung. Namun peristiwa ini sungguh pelajaran yang sangat luar biasa hebat. Dari ketidaktahuan berubah menjadi tau dan ngerti. Dan sayapun sekarang juga berani berkata ...saya pastiiii bisaaa...!!  Yes...yes...

Demikianlah sedikit pengalaman dalam pembuatan blog toko online. Walau tidak mudah namun akan terus tetap bersemangat.

Terimakasih dan salam Entrepreneur....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar