Rabu, 23 Januari 2013

JR # 2 (MENGENALI PELUANG)

Sebagian orang mungkin akan menganggap sebuah peluang itu untuk dicari, namun ada sebagian orang lagi yang beranggapan bahwa peluang itu bisa untuk kita ciptakan. Namun untuk bisa menciptakan sebuah peluang seseorang harus melalui tahapan-tahapan yang harus dilalui. Tanpa kita tahu dan sadari sebenarnya peluang ada di sekeliling kita. Mulai dari apa yang dapat kita lihat, kita rasa, kita dengar, kita suka. Semua bisa menjadi sebuah peluang kalau kita bisa peka terhadapnya.

Seorang entrepreneur bisa menemukan peluang ketika ia dengan kreatif bisa melihat celah karena adanya masalah atau kebutuhan, kenyamanan calon pelanggan yang tidak terpenuhi. Untuk mencapai suatu keinginan untuk meraih kesuksesan ada baiknya kalau kita mulai saat ini dan memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur yang bisa menciptkan lapangan kerja untuk dirinya sendiri dan orang lain. Kitapun juga harus berani untuk melakukan perubahan, perubahan yang dimaksut ingin merubah hidupnya untuk menjadi yang lebih baik lagi. Dan juga kita harus optimis untuk bisa memanfaatkan apa yang sudah kita miliki, yang bisa untuk kita miliki kemudian kita terus kembangkan.

Pemburu peluang mampu menciptakan ide bisnis atau peluang ketika ia sedang mengalami sebuah masalah, namun sebagian orang menganggap bahwa masalah adalah sebuah cobaan. Namun berbeda dengan seorang entrepreneur malah berfikir bahwa sebuah masalah akan memberikannya  satu peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya.

Seorang yang memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik pasti seorang yang suka berburu peluang, seorang yang kreatif dan berani mengambil resiko yang sudah diperhitungkan. Pemburu peluang biasanya dia sangat ingin berhasil, awas, waspada, dan memang sengaja untuk mencarinya. Dalam perjalanan perburuan yang dimaksut para pemburu peluang juga dituntut untuk selalu berinisiatif, kreatif, dan juga harus rela untuk kerja lebih ekstra. Inilah perbedaan para pemburu biasa dan para pemburu peluang entrepreneur.

Kreatifitas  merupakan sebuah kecakapan  yang bisa menjadi dasar dari banyaknya hal termasuk didalamnya adalah peluang bisnis. Seorang yang kreatif tentu seseorang yang mempunyai banyak ide, mempunyai idenya lebih baik, mempunyai ide yang berbeda, dan idenya bisa laku untuk dijual. Kreatifitas seseorang dapat dilihat dari kelancaran untuk menghasilkan banyaknya ide, keluwesan atau kelenturan berfikir diluar bidangnya, keunikan dan keaslian ide-idenya, bisa jijabarkan untuk memeperkaya sebuah ide bisnis. Misalnya saja, dahulu kala para ibu-ibu rumah tangga yang sedang mempunyai bayi merasa kerepotan dan harus bangun ditengah malam karena bayinya yang sedang menangis dan mengompol. Tetapi sekarang dengan adanya inovasi telah ditemukan pampers sehingga ibu dan bayi bisa tertidur dengan tenang di malam hari.

Namun pada kenyataanya seiring berjalannya waktu, kreatifitas sesesorang sering mengalami hambatan-hambatan. Diantaranya kita sering tanpa tidak sadar mengatakan kata-kata tapi, ngak pernah sebelumnya, kita selalu buatnya seperti ini ngak pernah yang lain, kalau medelnya kayak gitu hampir ngak bisa untuk dikerjakan, kalau gampangnya kayak gini pasti banyak orang lain yang sudah membuatnya.  Dalam jiwa seorang entrepreneur maka harus kita tanamkan sifat kreatif dan inovatif.

Adapun beberapa teknik untuk memancing kreatifitas, antara lain dengan rumus yang sangat NGETREN yaitu dengan rumus TAKUTIRUKO (tambah, kurang, tiru, ubah, dan kombinasi). Adapun sesuatu yang bisa di TAKUTIRUKO bisa berupa produk, cara produksinya, promosi, penjualan, pengelolaan, pembiayaan,  penentuan harga, bahkan cara pelayanan konsumen. Bisa juga kita tambah dengan rumus ATM (amati, tiru, dan modifikasi) untuk meningkatkan usaha kita agar bisa menjadi yang lebih baik.

Peluang merupakan sesuatu yang ditemukan  oleh seorang entrepreneur untuk memecahkan masalah nyata dalam kehidupan atau untuk meningkatkan nilai tambah. Adapun cara-cara untuk mengidentifikasi peluang antara lain dengan, memahami ciri-cirinya terlebih dahulu, lalu membedakan dengan yang lain, terus kita lanjutkan dengan berusaha untuk mendapatkannya.

Jangan pernah berhenti untuk mencari dan mengamati semua hal yang mungkin untuk dijadikan peluang bisnis. Karena yang namanya peluang bisnis tidak akan datang dengan sendirinya dan tidak secara  tiba-tiba.

Tetap semangat....cayau....cayauuuu....semoga berhasil  meraih mimpi-mimpinya, salam sukses untuk semuanya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar