Senin, 14 Januari 2013

JR # 1 (Awal Sebuah Perjalanan Di Hari Minggu)

     Minggu, 6 Januari  adalah minggu pertama diawal tahun 2013. Sebagai awal dari sebuah perjalanan untuk mengenal kata Entrepreneur dan Ritel. Musim dingin dibulan January masih menampakkan udara yang terasa amat dingin. Ada perpedaan yang sangat terasa, sang surya seakan ikut menyumbangkan sinar kehangatan. Ikut menyambut alunan langkah dalam menjalani hari libur dimusim dingin. Menyambut dengan suka cita hari dibukanya PER BATCH 2. Sinar cahaya mentari yang memberi cahaya terang dan memberi kehangatan. Seakan dia berkata semangatlah kawan dalam menjalani harimu di hari minggu ini. Mentari pagi dengan seulas senyum kehangatan seakan ikut bicara, dan memberi ucapan kata selamat pagi sambil bernyanyi, raihlah harimu dengan langkah yang pasti. Hari yang selama ini kunanti dan kutunggu kehadirannya, sebagai penawar rasa penasaran dalam hati tentang PER (pengantar Entrepreneur Ritel). Ya....hari minggu pertama inilah PER gelombang ke-2 akan dimulai. PER gelombang ke-2 akhirnya benar-benar dinyatakan telah dibuka dengan pengumuman dan dipukulnya palu sebanyak tiga kali oleh pak dosen Nur Agustinus.

     Diminggu pertama inilah saya mulai dikenalkan dengan istilah kata ritel, yang sebelumnya saya memang tidak tahu dan tidak memahaminya. Sebagai permulaan tentu membuat saya merasa sangat penasaran sekaligus deg-degan. Karena terus terang saya baru pertama kali mengikuti pelajaran dengan cara distance ( jarak jauh) bersama UCDE ( Universitas Ciputra Distance Education). Penasaran saya bisa terobati setelah mendapatkan materi pertama diminggu pertama. Memang, tidak langsung saya pelajari materi yang sudah diberikan. Saya masih harus menunggu beberapa saat untuk mempelajarinya, setelah saya mempunyai waktu dan siap untuk memulai mempelajari moodul pertama, saya dengan semangat mempelajarinya walau harus dengan rela setiap hari untuk tidur larut malam. Karena malam hari adalah waktu yang efektif untuk belajar, siang harinya kita gunakan untuk bekerja dengan majikan.

     Sungguh suatu kebanggaan kami bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh ini melalui UCDE. Walau kami hanyalah lulusan sekolah kehidupan, yang mempunyai beragam keterbatasan-keterbatsan. Semangat belajar dan semangat untuk merubah  hidup yang lebih baik modal utama yang kami miliki. walau kami sekarang masih berstatus TKI, motifasi dan nasehat-nasehat para bapak dan ibu dosen telah menambah kepercayaan  diri kami semua. Mereka telah berhasil meyakinkan kita semua, kalau kita semua juga sangat berharga dimata tuhan. Sehingga kamipun berhak untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, asalkan kami mau berusaha, bekerja keras, berdoa dan yakin kalau kita pasti bisa. dengan mengambil keputusan mengikuti program UCDE yang penuh dengan harapan tentang impian dimasa yang akan datang. Tekat untuk belajar dan menimba ilmu untuk masa depan yang lebih cerah dan terarah.


     Sebagai hari pertama dibukanya pembelajaran jarak jauh UCDE ini, juga bertepatan dengan hari dibukanya kelas mandiri sahabatku. Kelas dimana kami bisa mengetahui dan mempelajari apa itu Entrepreneur. Seorang bapak yang dulunya saya tidak pernah mengenalnya dengan pogram ini saya merasa langsung jatuh hati. Dialah seorang Ir Ciputra. Bapak yang sekarang usianya sudah tidak muda lagi, tapi dengan sikap kepedulian dan kearifannya membuat program-program entrepreneur baik didalam negri maupun diluar bisa terselenggara. Menurut beliau yang dimaksut dengan Entrepreneur adalah mengubah kotoran dan rongsongakan menjadi emas. Sebuah kata yang sangat sederhana namun sangat sarat dengan makna. Sesuatu barang yang tidak mempunyai arti guna ditangan para entrepreneur bisa dirubah menjadi barang yang mempunyai nilai tinggi dan bisa berubah menjadi sangat bermanfaat sehingga banyak orang yang membutuhkannya. Itulah arti Entrepreneur menurut Ir. Ciputra. 

     Sebenarnya, hari minggu merupakan hari libur kita semua para TKI. Walau tidak semuanya bisa menikmati hari liburnya dengan leluasa, namun itu semua bukan kendala untuk bejar. Buat sebagian orang pada hari minggu digunakannya dengan berbagai macam kegiatan sesuai yang mereka inginkan. Ada sebagian orang yang menghabisakan waktu liburnya untuk bersantai, bersendau gurau, ada sebagian lagi digunakan untuk belajar dan menimba ilmu sebanyak banyaknya dari sekolah kehidupan yang akan mengajarinya arti kehidupan yang sesungguhnya. 


     Awal sebuah perjalan yang begitu menyenangkan, karena saya bisa mengenal, bertemu dan berteman dengan orang-orang yang sebelumnya sangat asing bagi saya. Namun dengan berjalannya waktu semua seperti saudara. Dengan latihan belajar komunikasi, diskusi, yang tadinya terjadi perbedaan pendapat sekarang bisa merubahnya dengan kata sepakat. UCDE walau tidak mudah namun dengan terbentuknya kelompok untuk belajar sangat membantu, yang tadinya masalah seakan terasa sulit dan rumit kini berubah menjadi tantangan dan peluang.



     SEMANGAT........UNTUK  BELAJAR RAIHLAH MASA DEPAN  YANG TERANG......

 

                       


           

2 komentar:

  1. Wow Amazing...Tulisannya indah banget..dan kelihatan puitis... Semangat mbk...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak Diach....telah mau nengok tulisan saya.....matur tengkiuuuu....hehheh...salam AMAZING ^_^

      Hapus