Senin, 22 April 2013

JR # 4 (Energi Boodstrapping )

     
          Setelah beberapa minggu mengikuti pelajaran PER gelombang ke-2, dan sekarang sudah memasuki minggu ke 4. Sungguh suatu hal yang sangat menyenangkan bagi saya, bisa belajar tentang B
ootstrapping. Secara garis besar Bootstrapping adalah suatu cara mengumpulkan modal untuk memulai usaha, dan bisannya dari kantong sendiri, saudara maupun teman. Bootstrapping telah membuka mata saya tentang bagaimana cara mensiasati modal dalam menjalankan usaha. Kita diajarkan sedemikain rupa untuk menekan jumlah modal yang akan kita keluarkan nantinya.
 
        Dalam memulai usaha yang baru dengan melakukan Boodstrapping ada beberapa keuntungan antara lain :
 1) Tidak adanya beban bunga yang harus ditanggung
 2) Bisa mengurangi campur tangan dari pihak lain atau orang lain
 3) Jangka pengembalian modal yang fleksibel 

Namun Boodstrapping disamping ada kelebihanya juga terdapat beberapa kekurangannya antara lain : 
1) Untuk mengumpulkan modal dari beberapa orang membutuhkan waktu, dan bisa mengganggu konsentrasi ke usaha yang sedang dijalankan.
2) Dalam jangka panjang hutang kepada teman dan saudara bisa menimbulkan perasaan hutang budi, walau hutang sudah dilunasi.

       Dalam mempelajari tentang boodstrapping seakan saya mendapat pencerahan atau mendapat suatu energi baru tentang bagaimana cara mendapatkan modal dalam suatu usaha. Modal memanglah bukan hal yang utama tapi sangatlah penting dalam menjalankan usaha. Sebelum kita menentukan modal usaha ada baiknnya kalau kita terlebih dahulu menentukan berapa besar modal yang akan kita butuhkan nantinnya dalam menjalankan suatu usaha. Diteruskan dengan membuat anggaran biaya dari bisnis atau usaha yang akan kita jalankan, kemudian baru kita bisa menyiapkan modalnya. Kita juga perlu susun mulai dari peralatan  dan perlengkapan yang dibutuhkan, besarnnya dana yang diperlukan, serta modal kemampuan yang harus atau perlu dikembangkan lagi untuk menunjang kemajuan usaha nantinnya.

       Sebelum menentukan suatu usaha, biasanya kita bisa mempunnyai berbagai macam ide bahkan bisa muncul lebih dari satu macam ide. Dan biasannya ide muncul begitu saja, dan dimana saja, kapan saja. namun setelah ide membuat usaha itu muncul biasanya kita langsung menuju kepokok masalah yang bagi sebagian orang merupakan suatu kendala besar dan lantas kita membiarkan begitu saja ide yang begitu bagus untuk melakukan sebuah usaha. Masalah dan kendala yang dihadapi biasannya tentang permodalan apalagi untuk yang belum berpengalaman menjalankan usaha atau bisa disebut sebagai pemula. Salah satu cara yang bisa kita coba adalah dengan boodstrap atau biasa disebut dengan boodstrapping. Memang sich....untuk mendapatkan modal dalam usaha bisa dengan bermacam-macam cara. Bagi pemula seperti saya contohnnya akan lebih baik kalau kita menggunakan cara boodstrapping.

       Demikian tulisan saya yang singkat tentang boodstrapping, semoga bermanfaat bagi kita yang sedang mulai mencoba dalam menjalankan suatu usaha. Walaupun masih dalam skala kecil, namun kalau kita lakukan dengan penuh kesungguhan, keseriusan, dan dilakukan dengan terus menerus bukan suatu hal yang tidak mungkin kalau usaha kita nantinnya akan menjadi sebuah usaha yang besar. semangat dalam mencoba usaha....salam sukses untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar