Senin, 29 April 2013

JR # 6 ( ARUS KAS atau CASH FLOW)

Mempelajari tentang arus kas ternyata gampang-gampang susah juga ya....namun juga sangat menyenangkan  teringat pada materi yang diberikan oleh pak Winarto Poernomo biasa kami sapa dengan sebutan pak Win, salah satu dosen dari UCEC (universitas ciputra entrepreneur centre) tentang arus kas dalam bisnis. Dalam sebuah bisnis sangatlah dianjurkan untuk pengelolan arus kas, baik dengan cara yang sesederhana mungkin yang bisa kita lakukan. Gunanya adalah untuk membedakan antara uang pribadi dan uang usaha. Dalam logat gayanya yang khas pak Win bilang antara uang bisnis dengan uang beli bedak itu jelas tidak sama. Biasannya kita khususnya para wanita, sebelum mempelajari tentang pengelolaan arus kas, dicampur adukkan antara uang hasil usaha dan juga uang pribadi kita. Yang pada akhirnya akan menimbulkan pertannyaan saya dari jualan kemarin yang pastinnya mendapat keuntungan tapi untungnya kemana ya.....!! sebuah pertannyaan  kita sendiri yang bisa menjawabnya.


Nah...itulah pentingnnya mengatur dan mengelola arus kas dengan baik. Supaya antara uang beli bedak dan usaha tidak campur lagi dan salah kaprah nantinnya. Jika arus kas bisa kita kelola dengan baik, kitapun juga bisa nantinnya untuk melakukan strategi bisnis dengan modal yang minim atau bahkan bisa dengan modal dengkul . Carannya adalah dengan, mengetahui terlebih dahulu pelanggan maunnya apa, terus membuat perincian secara detail, hitung seluruh biayannya, bandingkan dengan modal yang ada dulu dan kemudian kita mencari solusinya.

Dalam membangun sebuah usaha, merupakan hal yang penting untuk mengatur arus keuangan. Usaha yang paling kecilpun membutuhkan manajemen yang  baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distibusi dan penjualan berlangsung dengan baik. Dalam belajar  tentang cara memanejemen arus kas ini kita belajar tentang pengetahuan dasar dan asapek-aspek yang sangat penting yang harus dipelajari oleh para calon bisnis entrepreneur untuk menghindari resiko manajemen yang dapat menyebabkan kegagalan usaha.

Untuk mempermudah pemahaman kita tentang keuntungan usaha bisa kita tulis dengan sebuah rumus :
UNTUNG = PENDAPATAN atau HARGA - TOTAL BIAYA

HARGA = BIAYA + UNTUNG (+/-) FAKTOR X

Total biaya ini bisa meliputi : Biaya Tetap & Biaya Variable. Yang dimaksut dengan biaya  tetap adalah biaya wajib kita keluarkkan baik memproduksi batrang maupun tidak. Sedangkan biaya variable adalah biaya yang kalau produksi saja perlu kita keluarkan. Faktor X (bisa + / bisa -) dipengaruhi oleh beberapa hal berikut misalnya :
  • PERSAINGAN                : 1) Barang sama

                                                     2) Barang pengganti

  • PELANGGAN                  : 1)  Kemampuan beli

                                                      2) Kebutuhan

  • PENGADAAN BARANG : 1) Resiko
                                                       2) Silit / Mudah
Dan untuk menentukan Harga jual kita bisa menggunakan rumus ; 
HARGA = BIAYA+UNTUNG +/-FAKTOR X


Untuk hari ini sekian dulu tulisan tentang refleksi mengenai cashflow lain kali disambung lagi. Kritik serta saran dan juga masukan untuk perbaikan tulisan ini sangat ditunggu, Sekian dan terimakasih, salam keseksesan untuk semua yang sudah membacannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar