Rabu, 08 Mei 2013

JR # 7 ( PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM BISNIS RITEL)



         Dalam dunia usaha khususnya bisnis ritel, persediaan barang dagangan merupakan masalah yang perlu kita perhatikan dengan serius. Karena akan terkait erat dengan pengelolaan barang dagangan (merchandising). Bagaimanapun sebagus-bagusnnya barang dagangan yang dipajang ditoko, jika pelanggan tidak menemukan barang yang dibutuhkan karena suatu alasan kehabisan persediaan barang bisa mengurangi citra toko tersebut. Akan terlihat seberapa profesional manajemen sebuah toko ritel bisa dilihat dari cara pengelolan stok atau persediaan barang dagangannya. Sekilas sangatlah sederhana dan mudah untuk bagaimana mengatur jumlah persedian barang dan barang sudah habis untuk dijual. Namun merupakan hal yang harus kita pelajari, seperti apa dan bagaimana memahaminya.

         Persediaan barang dagangan bisa mencakup seluruh stok yang ada (stock in hand) termasuk juga pada barang yang ada dirak toko (rak display) maupun barang yang ada dibelakang (gudang toko). Jadi untuk persedian barang ini tidak hanya barang yang kelihatan dipajang dalam toko melainkan juga barang-barang yang masih berada dalam penyimpanan digudang.

        Pentingnya persediaan barang dagangan dalam suatu toko, khususnya usaha ritel yang serba ada karena  menunjukkan barang-barang yang akan dijual kembali melalui kegiatan jual beli yang dapat terlihat ditoko. Karena dalam persediaan barang dagangan akan menentukan jumlah penjualan sebuah toko. Dan juga merupakan sumber pandapatan pokok bagi sebuah toko untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka merupakan hal yang sangat wajar kalau persediaan barang dagangan sangatlah penting.

        Sebuah gambaran tentang persedian barang dagangan, toko ritel juga dituntut untuk selalu peka terhadap apa keinginan para pelanggannya, guna meningkatkan pangsa pasarnya dan apa yang menjadi target utamanya dapat diraihnya. Tanpa suatu persediaan, para pengusaha dagang dihadapkan pada sebuah resiko. Yaitu pada suatu waktu tidak dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan yang meminta barang. Hal ini akan menutup kemungkinan bahwa pengusaha dagang tersebut kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang seharusnya mereka dapatkan. Inilah sebenarnya yang menjadi dasar utama mengapa setiap pedagang harus memiliki persediaan barang dagang dengan batas yang wajar sesuai dengan beberapa faktor yang menjadi acuan, karena persediaan barang dagang yang berlebih dan kurang akan menjadi hal yang sangat riskan dan dapat menimbulkan kerugian oleh para pedagang itu sendiri.

        Demikian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu'alaikum wr. wb............

1 komentar:

  1. persediaan dan penataan barang dagangan toko ritel memang sangat penting untuk diperhatikan agar pembeli merasa nyaman dan tertarik untuk berbelanja.

    BalasHapus