Rabu, 25 September 2013

MER JR # 3 (STRATEGI PEMASARAN RITEL)

Minggu ke 3 jika  boleh berandai-andai, ingin rasanya kalau diperblehkan untuk menghentikan waktu walau cuma hanya sesaat. Waktu rasanya seakan bergulir terlalu cepat. Tugas dalam mengikuti kelas online seakan munculnya secara bertubi-tubi. Hehehehe....maaf sebelumya bahasanya terlalu sangat lebay, alasannya karena tugas minggu ke 2 belum selesai kami pahami isi materinya, sudah muncul tugas dan materi berikutnya. Ibarat orang sedang berjalan, untuk mengikuti ketertinggalan pelajaran harus dengan jalan cepat atau bahkan kami harus berlari. Mengingat jatwal kerja kami dengan majikan juga sangat ketat dan padat. Kebetulan di minggu ke-3 ini di Hongkong sedang liburan untuk memperingati " The Chinese Min- Autumn Festifal" yang tentunya kesibukan kami juga akan bertambah. Namun, bukan sebagai seorang pembelajar yang tangguh namanya jika karena masalah kesibukan kami jadikan sebagai alasan. Semangat akan terus tetap menyala mengingat tujuan kita ke depannya masih sangat panjang dan tentunya kendala serta hambatan-hambatan masih kami akan hadapi. Sebagai penyamangat, teringat sebuah kalimat yang diucapkan oleh pak Ciputra dalam sebuah buku. "Siapakah yang memiliki bakat Entrepreneur itu"  dan jawabannya sungguh sangat simple, sederhana, namun tidak semua orang sanggup melakukannya. Seseorang yang memiliki bakat Entrepreneur adalah yang pertama, Sangat ingin menjadi Entrepreneur. Yang-2 adalah sangat termotifasi menjadi Entrepreneur. Dan yang ke-3 adalah Percaya diri menjadi Entrepreneur. Teringat dengan 3 poin kalimat diatas, semangat yang tadinya redup bisa kembali menyala. ^_^

Sebagai bahan untuk melengkapi tugas dari minggu ke-3 tentang mengidentifikasi sebuah bisnis ritel yang sukses maka saya ingin mengangkat kisah sukses dari sebuah toko roti "Fresh Fresh". sebuah toko roti yang memiliki logo atau semboyan If you can love our bread you can be happy in life (Jika anda bisa mencintai roti kami anda bisa bahagia dalam hidup) sebuah logo yang sangat indah bukan? Tidak hanya memiliki semboyan yang indah melainkan juga toko Fresh Fresh menjadi salah satu toko idola didaerahnya, walau tidak sepopuler ma'xim maupun taipan. Salah satu keunikan dari toko ini adalah selain rasa rotinya yang enak, harganya yang murah, pelayanannya yang ramah, juga cara promosinya yang lain daripada yang lain. Dari hasil pengamatan saya, ada sebuah cara yang dilakukan oleh toko roti ini dalam memenangkan hati konsumen atau pelanggannya walau disekitarnya terdapat ada beberapa toko roti lainnya. Salah satunya adalah dari cara berpromosi, toko ini tidak segan-segan menghampiri pera pelanggannya dalam menawarkan dagangannya. Setiap pembelian 3 macam roti mendapatkan satu roti gratis dan bisa memilihnya sesuka kehendak kita sendiri tanpa tambahan biaya atau harga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar